Running News

<<< BUPATI BolTim Ngamuk ~ Covid-19 Hari ini ~ Didi Kempot Meninggal ~ Gunung Anak Krakatau Meletus ~ Pandemi Covid-19 ~ Kronologi Meninggalnya GOGON SRIMULAT ~ Kronologi BOM Gereja Surabaya ~ Pilkada 2017, Calon Usungan PDIP Berguguran ~ Jawaban Cerdas dr. ZAKIR NAIK ~ Bandung Dago Atas Punya Tempat Wisata Pemrosesan Batu Akik Canggih ~ Anis Shorrosh: Temukan Kesalahan Al Qur'an, Dipermalukan Pemuda Muslim ~ Apa & Siapa Habib Rizieq ~ Rumah Fiqih ~ The Big Picture ~ 50 Fakta Menarik Soal Darah ~ Daftar Kabupaten & Kota di Indonesia ~ Teknik Cara Memotret Asap ~ Antique Military "Foto" Motorcycles ~ Archive Classic & Vintage Motorcycles ~ Bocah Kaya Mendadak Karena Muntah Paus ~ Mengkaji Ulang gambar-gambar yang dianggap Bukti Kebesaran Allah ~ Heboh Seorang Pria Jual Kuntilanak Secara Online ~ Amazing Lukisan Hyper Realistis ~ Belajar Fotografi ~ The Colorful Language of Chameleons ~ Jelajahi FLICKR ~ Volcanic "Amazing Photos" Activity 2015 ~ Museum Ini Punya Al-Qur'an terkeci & terbesar di Indonesia ~ Ini Video Pertama Kali Diambil Dalam Ka'bah ~ 50 Fakta Bayi Baru Lahir ~ Indahnya Goresan Tangan Tuhan di Danau Toba ~ Merawat Batu Akik Agar Tetap Mengkilap ~ Profil & Biografi Sultan Sulaiman Al Qanuni ~ 10 Situs Ini Bisa Bikin Anda Lebih Pintar ~ Terbukti Ganja Mengecilkan Tumor Otak ~ 20 Hewan Dengan Warna Tak Lazim ~ Keren Gans Motor-Motor Masa Depan Yang Unik ~ Seni "Amazing" Menyusun Batu ~ Indonesia Awesome Landscape *** 10 Batu Permata Termahal ~ Beberapa Manfaat Bir Tanpa Meminumnya ~ Kumpulan Kisah Nyata & Inspiratif ~ 23 Pesepak Bola Kamerun Memeluk Islam Secara Bersamaan ~ Motor & Mobil Jenazah Terunik di Dunia ~ Meski Telah dimakamkan Puluhan Tahun, Jenazah ini Tetap Utuh ~ Kumpulan Mobil Keren Dunia ~ 6 Penyakit Ini Bisa Diobati dengan Menggunakan Ganja ~ Isap Ganja Bisa Turunkan Risiko Diabetes? ~ Peneliti Australia Terkesan dengan Pesantren Waria ~ Amazing, Lukisan Ini Bisa Bergerak ~ Macro Photos, Kereznnn Gans ~ Setiap Hari Mualaf Bersyahadat di Islamic Center Wina ~ Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag I ~ 5 Hewan dengan Hidung Aneh ~ Photos Binatang terjelek di Dunia ~ Mempertahankan Masjid Sunan Kudus ~ Animal "NatGeo" Images ~ 130 Tahun, Foto Dahsyatnya Letusan Gunung Krakatau ~ Beberapa Hal Tentang Islam yang Sering Salah dimengerti ~ Dogma Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Akhirnya Memilih Islam ~ Di 4 Daerah Ini Semua Anggota DPRD-nya Tersangka Korupsi ~ >>>

Senin, 09 Januari 2017

Syarat Air Minum Yang Layak Untuk Dikonsumsi

Photo Google Images
Manusia tidak akan bertahan hidup jika tidak minum karena mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia terdiri dari 90 %  air. Jangan menyepelekan air karena ternyata air merupakan zat gizi yang memiliki funsi penting bagi tubuh manusia. Selain itu, dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Hal itulah yang membuat hidup menjadi lebih sehat dan nyaman.

Fungsi "AIR" dalam tubuh adalah:
  1. Pembentuk sel dalam tubuh. Komponen terbesar dalam sel adalah air yaitu sebesar 70-85 %.
  2. Berperan penting dalam proses pencernaan
  3. Sebagai pelarut mineral, vitamin, asam amino, glukosa agar mudah diserap tubuh.
  4. Mengatur suhu tubuh
  5. Membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.
  6. Untuk aktivitas kimia dalam tubuh.
  7. Meningkatkan metabolisme sel.
  8. Mengeluarkan zat sisa metabolisme (zat yang tidak berguna dalam tubuh).
  9. Produksi cairan tubuh seperti : air ludah, hormon, enzime, cairan lambung dan otot.
  10. Pelumas dan bantalan. Fungsi air sebagai pelumas : Lubrikan dalam bentuk cairan sendi sehingga sendi jadi mudah bergerak dan dapat mencegah terjadinya gesekan antar sendi. Selain itu fungsi air sebagai bantalan tahan getar pada jaringan misalnya seperti yang terdapat pada otak, medulla spinalis, mata dan kantong amnion dalam rahim.
Hal itulah yang menyebabkan manusia dapat bertahan hidup jika tidak makan tetapi tidak bila kekurangan air. 
  1. Manfaat air putih bagi kesehatan :
  2. Memperlancar sistim pencernaan.
  3. Apabila kebutuhan cairan tubuh terpenuhi maka akan terhindar dari "konstipasi/ sulit BAB" Karena cairan dalam tubuh dapat membantu penyerapan nutrisi juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia.
  4. Membuat wajah segar bugar terhindar dari kulit kusam.
  5. Mencegah penyakit jantung.
  6. Mengeluarkan racun dalam tubuh.
  7. Racun tubuh dikeluarkan melalui urine maupun keringat.
  8. Penyeimbang sistim getah bening
  9. Apabila sistim getah bening bekerja dengan optimal maka tubuh mampu melawan infeksi tiroid.
  10. Menjaga berat badan tubuh.
  11. Berat badan yang ideal dan proporsional sangat didambakan oleh semua orang. Oleh karena itu mulailah memenuhi kebuhan akan air putih bagi tubuh.
  12. Mencegah penyakit batu ginjal
  13. Batu ginjal disebabkan oleh garam tubuh. Nah air sebagai cairan pelarut akan melarutkan garam untuk kemudian keluar dalam bentuk air seni.
  14. Seseorang yang dehidrasi akan mengalami sakit kepala, kelelahan, suasana hati yang buruk, sulit berkonsentrasi.
  15. Air ludah berfungsi sebagai pembersih dan disenfektan alami di tubuh bagian mulut dan gigi.
  16. Cairan tubuh juga membantu sendi dan otot untuk dilumasi.
  17. Air membantu mengeluarkan zat sisa metaabolisme.
  18. Mencegah tejadinya kanker.
Air meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urine juga dapat memperpendek waktu virus dalam kontak dengan lapisan kandung kemih. kanker kandung kemih juga kanker usus besar.

Oleh karena itu minumlah air putih sekurang-kurangnya 8 gelas per hari. Berapa banyak air yang kita minum setiap hari supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi? Yaitu 60 - 70 % dari berat badan.

Kebutuhan tubuh akan air tidaklah sama setiap orangnya, tergantung berat badan, penyakit misalnya ; orang sakit ginjal tidak boleh terlalu banyak minum karena akan memperberat kerja ginjal, dan sesuaikan dengan kebutuhan misalnya sehabis berolah raga pasti akan lebih banyak lagi.

Sedikit tips..!!! Minumlah saat kita haus sesuai kebutuhan pasti tubuh akan terasa baik dan nyaman.
Kebanyakan masyarakat kita menggunakan air tanah sebagai sumber air bersih yang banyak digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari maupun untuk masak dan minum.  Pada umumnya air yang akan digunakan untuk air minum jika air sudah dimasak terlebih dahulu, berarti air tersebut layak minum, padahal ada standar air layak minum lho...

Tahukah apa kendala bila menggunakan air tanah? Kandungan zat besi (Fe) dan mangan (Mn). Kita dapat mengetahui keadaan tersebut bila air tersebut kontak dengan udara maka warnanya akan berubah menjadi kuning kecoklatan. Hal tersebut yang menyebabkan adanya bercak kuning pada pakaian maupun dinding bak penampungan air. Disamping itu airnya berbau. Hal tersebut tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Melihat keadaan itu pemerintah melakukan uji Laboratorium dan kemudian mengaturnya dalam Peraturan Pemerintah No.20 tahun 1990yang menyebutkan : Kadar Fe yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai air minum adalah 0,3 mg/lt dan kadar mangan yang diperbolehkan sebesar 0,1 mg/lt. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu pengadaan alat pengolahan air skala rumah tangga yakni menggunakan filter dengan menggunakan media mangan zeolit dan karbon aktif.

Apabila kadar klorin melebihi ambang batas yang telah ditentukan (yaitu 1-4 mg/l) maka akan menyebabkan bau tidak enak pada air juga berdampak buruk bagi kesehatan bila diminum.Dari berbagai studi, diketahui bahwa orang yang minum air yang mengandung klorin memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena kanker kandung kemih, dubur ataupun usus besar. Sedangkan bagi wanita hamil dapat menyebabkan bayi lahir dengan kelainan otak, kelahiran prematur atau bahkan dapat mengalami keguguran.

Pada hasil studi klorin pada binatang ditemukan kemungkinan kerusakan dinjal dan hati. Selain itu klorin juga memiliki daya rektifitas dan korosifitas yang tinggi. Apabila kadar residu klorin melebihi ambang batas dapat menyebabkan korosif pada pipa industri yang digunakan untuk mengalirkan air.
Pemerintah sendiri telah mengatur standar air layak minum tersebut didalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes no.492/MENKES/PES/IV/2010) tahun 2010.

Air dianggap layak minum bagi kesehatan apabila memenuhi syarat fisik, mikrobiologis, kimia dan radioaktif.
  • Syarat Fisik : Air harus jernih, tidak berwarna, tidak berbau, rasanya alami
  • Syarat Mikrobiologis : Tidak mengandung bakteri E Coli dan Coliform
  • Syarat Kimia : Bebas zat kimia beracun, logam berat, pestisida dan radioaktif.
Total Disolved Solid (TDS/ jumlah padatan logam yang telarut dalam air) < 30 ppm. Satuan ukurannya dikenal dengan ppm.

Tubuh kita memang memerlukan mineral tetapi mineral yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh melampaui batas yaitu batas yang dapat ditolerir oleh tubuh. Lebih dari itu akan mengakibatkan kerusakan atau sakit.

pH balance antara 6,5 - 8,5

Tata laksana pengawasan kualitas air minum diatur oleh Permenkes nomor 736 tahun 2010, secara internal pengawasan kualita air minum isi ulang dilakukan oleh pengusaha, secara eksternal pengawasan dilakukan oleh Dinas Kesehatan, dengan melakukan pemeriksaan laboratorium di Balai POM, BTKL dll. Permenkes ini diatur juga tentang sanksi oleh Pemda, berupa peringatan sampai dengan pelarangan distribusi di wilayah.

Tentang ambang batas yang diperbolehkan diatur oleh pemerintah melalui Permenkes nomor 416 tahun 1990

Air Murni TDS nya 3 ppm

Di negara-negara maju, untuk membuat "Air Mineral" adalah air terlebih dahulu harus dimurnikan, kemudian ditambahkan mineral ke dalamnya. (Sehingga jumlah dan jenis mineralnya terkontrol)
Air bersih dan murni, TDS nya kurang dari 40 ppm.

Sementara standar yang ditetapkan WHO adalah : standar kemurnian air layak minum maksimal 30 ppm.

Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab terhadap kesehatan keluarga dan pastinya ingin menyediakan air minum yang sepenuhnya terlindungi dari kuman berbahaya penyebab penyakit.

Sekarang Anda tidak perlu repot dan khawatir menyiapkan air minum yang aman bagi keluarga. Karena kini telah hadir cara baru yang praktis dengan harga terjangkau bisa mendapatkan air minum,yang sepenuhnya terlindungi dari kuman.

2 komentar:

  1. Artikel yang sangat Bagus dan Bermanfaat.. Update terus dan sukses selalu ya Gan
    Cek Juga di WWW.TOGELSGP88.COM
    1 USER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA PERMAINAN :
    SPORTBOOK, TOGEL, LIVE CASINO, POKER, SABUNG AYAM, SLOT GAME, TEMBAK IKAN, TANGKAS :
    Promo Terbaru dari TOGELSGP88
    - Minimal Deposit Rp 50.000
    - Minimal Withdraw Rp 50.000
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT 10% ALL-GAMES
    - BONUS DEPOSIT SABUNG AYAM 10%
    - BONUS CASHBACK MIXPARLAY 100%
    - BONUS ROLLINGAN LIVECASINO 0.8%
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 1%
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT TOGELSYD88.COM 24 JAM ONLINE
    Pin BBM : D8DC9CC9

    BalasHapus