Running News

<<< The Big Picture *** 50 Fakta Menarik Soal Darah *** Daftar Kabupaten & Kota di Indonesia *** Teknik Cara Memotret Asap *** Putra Bungsu Ustadz Abu Bakar Baasyir Khotib & Sholat Idul Adha di Bima *** Antique Military "Foto" Motorcycles *** Archive Classic & Vintage Motorcycles *** Bocah Kaya Mendadak Karena Muntah Paus Mengkaji Ulang gambar-gambar yang dianggap Bukti Kebesaran Allah *** Geger Menteri ESDM berpaspor Ganda *** Heboh Seorang Pria Jual Kuntilanak Secara Online *** Amazing Lukisan Hyper Realistis *** Belajar Fotografi *** The Colorful Language of Chameleons *** Jelajahi FLICKR *** Volcanic "Amazing Photos" Activity 2015 *** Museum Ini Punya Al-Qur'an terkeci & terbesar di Indonesia *** Asuransi Kesehatan AXA *** Ini Video Pertama Kali Diambil Dalam Ka'bah *** 50 Fakta Bayi Baru Lahir *** Indahnya Goresan Tangan Tuhan di Danau Toba *** Merawat Batu Akik Agar Tetap Mengkilap *** Profil & Biografi Sultan Sulaiman Al Qanuni *** 10 Situs Ini Bisa Bikin Anda Lebih Pintar *** Terbukti Ganja Mengecilkan Tumor Otak *** 20 Hewan Dengan Warna Tak Lazim *** Keren Gans Motor-Motor Masa Depan Yang Unik *** Seni "Amazing" Menyusun Batu *** Indonesia Awesome Landscape *** 10 Batu Permata Termahal *** Beberapa Manfaat Bir Tanpa Meminumnya *** Kumpulan Kisah Nyata & Inspiratif *** 23 Pesepak Bola Kamerun Memeluk Islam Secara Bersamaan *** Motor & Mobil Jenazah Terunik di Dunia *** Mengenal Islam Lewat Bahtsul Masail *** Meski Telah dimakamkan Puluhan Tahun, Jenazah ini Tetap Utuh *** Kumpulan Mobil Keren Dunia *** 6 Penyakit Ini Bisa Diobati dengan Menggunakan Ganja *** Isap Ganja Bisa Turunkan Risiko Diabetes? *** Peneliti Australia Terkesan dengan Pesantren Waria *** Amazing, Lukisan Ini Bisa Bergerak *** Macro Photos, Kereznnn Gans *** Sinabung dalam Bidikan Lensa *** Setiap Hari Mualaf Bersyahadat di Islamic Center Wina *** Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag I *** Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag II *** 5 Hewan dengan Hidung Aneh *** Photos Binatang terjelek di Dunia *** Mempertahankan Masjid Sunan Kudus *** Animal "NatGeo" Images *** 130 Tahun, Foto Dahsyatnya Letusan Gunung Krakatau *** Beberapa Hal Tentang Islam yang Sering Salah dimengerti *** Dogma Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Akhirnya Memilih Islam *** Di 4 Daerah Ini Semua Anggota DPRD-nya Tersangka Korupsi *** >>>

Rabu, 04 Februari 2015

10 Buah Eksotis dari berbagai Negara #2

Durian, manggis, dan kedondong adalah beberapa buah lokal yang populer di Indonesia. Buah-buahan ini biasa dikonsumsi di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya. Tetapi bagi warga negara lain yang tidak pernah mendengar atau menyantapnya, durian dan kedondong bisa digolongkan sebagai buah eksotis. Bagi beberapa warga asing, rasanya yang tak biasa cukup mengejutkan bagi lidah mereka. Terutama yang memiliki aroma tajam seperti durian.

Setiap daerah dan negara bisa dipastikan mempunyaijenis flora yang berbeda-beda, dan hal inilah yang mengakibatkan tanaman buah yang tumbuh beraneka ragam pula. Dari benua Afrika, Amerika, Asia, dan Australia, berikut beberapa buah-buahan eksotis yang kemungkinan belum pernah Anda cicipi. 

Mulai dari Pink Mountain Berry dari Australia, Capuacu dari benua Amerika, hingga buah Hala dari Mikronesia. Berikut ini kami tampilkan 10 buah-buahan eksotis yang berasal dari berbagai negara di dunia.
1. Pink Mountain Berry

Leptecophylla juniperina adalah tanaman buah asal Australia dan Selandia Baru. Buah ini dikenal pula dengan nama pink mountain berry dan prickly heath. Pink Mountain Berry masih satu keluarga dengan tanaman beri-berian. Tanaman ini hanya bisa tumbuh di daerah berhawa dingin.

2. Purple Appleberry

Bentuknya menyerupai paprika berukuran kecil dengan warna ungu terong. Dikenal dengan nama Appleberry atau Blue Tasmanian Vine. Appleberry merupakan tanaman liar yang tumbuh di kawasan dingin, terutama di Australia tenggara. Rasanya merupakan perpaduan antara apel dan buah beri.

3. Lucuma

Chesas atau lucuma adalah buah eksotis yang berasal dari Filipina. Buah bernama latin Pouteria Lucuma ini disebut juga buah telur, sebab daging buahnya menyerupai kuning telur rebus.  Lucuma masih sekeluarga dengan buah sawo. Bagian dalamnya pun mirip dengan sawo matang, hanya saja berwarna kuning terang. Sementara rasanya merupakan perpaduan antara maple dan ubi manis.

4. Capuacu

Capuacu merupakan buah yang banyak dibudidayakan di Kolombia, Bolivia, Peru, dan daerah utara Brasil. Buah ini masih sekeluarga dengan Theobroma cacao alias cokelat. Bentuknya pun menyerupai buah cokelat. Capuacu biasa diolah menjadi hidangan penutup, jus, dan manisan. Aromanya merupakan perpaduan antara cokelat dan nanas. Sementara rasanya seperti pir dan pisang.

5. Che

Che adalah sebutan untuk buah mulberry China. Buah ini masih sekeluarga dengan murbei. Tanaman che berbuah pada musim panas. Bentuknya sekilas tampak seperti buah raspberry. Namunrasanya sama sekali tidak asam. Lebih mirip dengan buah melon.

6. Jocote

Jocote merupakan buah yang masih satu famili dengan jambu mede. Penampilannya pun mirip dengan jambu mede yang sudah masak, hanya saja tanpa biji mencuat di ujungnya.  Buah asal benua Amerika ini biasa dimakan sebagai manisan. Saat masih belum masak biasa dikonsumsi dengan garam, cuka, atau air perasan jeruk nipis.

7. Jambu Chile

Meskipun namanya jambu Chile, buah ini ternyata justru populer di Inggris. Konon jambu berukuran sebesar kelereng dengan warna merah terang ini merupakan buah favorit Ratu Victoria.

8. Black Sapote

Sekilas memandang, buah ini tampak seperti kernatu atau kenitu. Tetapi jika dibelah, daging buahnya berwarna cokelat kehitaman. Rasanya pun seperti puding cokelat. Buah bernama latin Diospyros digyna ini masih bersaudara dengan buah kernatu dan sawo. Ia juga dikenal dengan nama Chocolate Pudding Fruit (buah puding cokelat) dan Chocolate Persimmon (kesemek cokelat).

Ia berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko. Tetapi sekarang ini dikembangbiakkandi Florida, Australia, dan Filipina.

9. Limau Spanyol

Meskipun namanya berkaitan dengan Spanyol, buah ini tidak berasal dari negara tersebut. Menurut situs Quora, limau Spanyol adalah buah yang berasal dari Amerika selatan dan Amerika tengah. Meskipun rasanya seperti limau, buah ini justru masih sekeluarga dengan leci.

10. Hala

Pandanus tectorius merupakan salah satu spesies pandan yang bisa dijumpai di daerah Pasifik dan Australia. Buahnya yang terdiri dari puluhan ruas bertekstur keras dan berwarna oranye (saat sudah
matang). Buah ini biasa dipakai dalam kuliner khas Maladewa dan Mikronesia. Itulah 10 buah eksotis dari berbagai benua yang layak Anda ketahui keberadaannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar