Running News

<<< BUPATI BolTim Ngamuk ~ Covid-19 Hari ini ~ Didi Kempot Meninggal ~ Gunung Anak Krakatau Meletus ~ Pandemi Covid-19 ~ Kronologi Meninggalnya GOGON SRIMULAT ~ Kronologi BOM Gereja Surabaya ~ Pilkada 2017, Calon Usungan PDIP Berguguran ~ Jawaban Cerdas dr. ZAKIR NAIK ~ Bandung Dago Atas Punya Tempat Wisata Pemrosesan Batu Akik Canggih ~ Anis Shorrosh: Temukan Kesalahan Al Qur'an, Dipermalukan Pemuda Muslim ~ Apa & Siapa Habib Rizieq ~ Rumah Fiqih ~ The Big Picture ~ 50 Fakta Menarik Soal Darah ~ Daftar Kabupaten & Kota di Indonesia ~ Teknik Cara Memotret Asap ~ Antique Military "Foto" Motorcycles ~ Archive Classic & Vintage Motorcycles ~ Bocah Kaya Mendadak Karena Muntah Paus ~ Mengkaji Ulang gambar-gambar yang dianggap Bukti Kebesaran Allah ~ Heboh Seorang Pria Jual Kuntilanak Secara Online ~ Amazing Lukisan Hyper Realistis ~ Belajar Fotografi ~ The Colorful Language of Chameleons ~ Jelajahi FLICKR ~ Volcanic "Amazing Photos" Activity 2015 ~ Museum Ini Punya Al-Qur'an terkeci & terbesar di Indonesia ~ Ini Video Pertama Kali Diambil Dalam Ka'bah ~ 50 Fakta Bayi Baru Lahir ~ Indahnya Goresan Tangan Tuhan di Danau Toba ~ Merawat Batu Akik Agar Tetap Mengkilap ~ Profil & Biografi Sultan Sulaiman Al Qanuni ~ 10 Situs Ini Bisa Bikin Anda Lebih Pintar ~ Terbukti Ganja Mengecilkan Tumor Otak ~ 20 Hewan Dengan Warna Tak Lazim ~ Keren Gans Motor-Motor Masa Depan Yang Unik ~ Seni "Amazing" Menyusun Batu ~ Indonesia Awesome Landscape *** 10 Batu Permata Termahal ~ Beberapa Manfaat Bir Tanpa Meminumnya ~ Kumpulan Kisah Nyata & Inspiratif ~ 23 Pesepak Bola Kamerun Memeluk Islam Secara Bersamaan ~ Motor & Mobil Jenazah Terunik di Dunia ~ Meski Telah dimakamkan Puluhan Tahun, Jenazah ini Tetap Utuh ~ Kumpulan Mobil Keren Dunia ~ 6 Penyakit Ini Bisa Diobati dengan Menggunakan Ganja ~ Isap Ganja Bisa Turunkan Risiko Diabetes? ~ Peneliti Australia Terkesan dengan Pesantren Waria ~ Amazing, Lukisan Ini Bisa Bergerak ~ Macro Photos, Kereznnn Gans ~ Setiap Hari Mualaf Bersyahadat di Islamic Center Wina ~ Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag I ~ 5 Hewan dengan Hidung Aneh ~ Photos Binatang terjelek di Dunia ~ Mempertahankan Masjid Sunan Kudus ~ Animal "NatGeo" Images ~ 130 Tahun, Foto Dahsyatnya Letusan Gunung Krakatau ~ Beberapa Hal Tentang Islam yang Sering Salah dimengerti ~ Dogma Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Akhirnya Memilih Islam ~ Di 4 Daerah Ini Semua Anggota DPRD-nya Tersangka Korupsi ~ >>>

Minggu, 23 November 2014

Cegah & Atasi Mata Katarak Sejak Dini

Mata Katarak/Foto Google
Definisi katarak adalah memutihnya lensa mata sebagai proses akibat yang disebabkan oleh proses degeneratif (usia tua), walaupun pada akhir-akhir ini banyak ditemukan katarak pada pasien yang jauh lebih muda, dimana faktor penyebabnya antara lain adalah terpaan sinar UV (ultraviolet) dan gizi yang tidak seimbang.

Katarak juga merupakan komplikasi yang sering terjadi di pasien dengan kencing manis (Diabetes Mellitus), dan salah satu penyebab kebutaan di usia tua. Proses katarak ini terjadi pada usia diatas 40 tahun, sekitar kurang lebih 43% dari populasi manusia di dunia ini menderita katarak, namun dengan kecanggihan teknologi kedokteran, katarak dapat diatasai.

Katarak juga bisa terjadi di usia balita, namun yang akan dibahas disini  adalah jenis katarak yang terjadi pada usia tua. Akibat memutihnya lensa mata ini mengakibatkan cahaya yang masuk akan terhalang, sehingga akan menimbulkan sensasi penglihatan seperti berkabut atau berasap.

Katarak yang dibiarkan saja akan memasuki stadium hipermatur dimana lensa seluruhnya akan memutih dan menyebabkan penurunan dari daya penglihatan sampai dengan kebutaan. Selain itu juga pada stadium katarak yang hipermatur akan terjadi pelepasan zat-zat dari lensa tersebut dan zat-zat tersebut akan menimbulkan penyumbatan pada saluran keluar dari cairan bola mata atau glaukoma sekunder yang nantinya akan menyebabkan kerusakan dari saraf-saraf penglihatan dan menyebabkan buta permanen.
Terapi untuk Katarak.
Mata Katarak
Terapi terbaik untuk katarak adalah dengan operasi, operasi katarak ada dua macam yaitu ECCE (Extra Capsuler Cataract Extraction) dan ICCE (Intra Capsuler Cataract Extraction). ECCE ini adalah dengan pengangkatan badan lensa bagian depan, biasanya operasi ECCE ini biayanya jauh lebih murah karena tidak menggunakan tambahan lensa buatan. Sedangkan ICCE adalah operasi katarak dengan penambahan lensa buatan di dalamnya.

Teknologi bedah katarak sediri telah melalui beberapa fase evolusi sejak beberapa tahun belakangan ini. Kalau bedah katarak dengan teknologi yang disebut ECCE dan ICCE masih memerlukan sayatan lebar untuk mengeluarkan lensa secara utuh, sehingga pasien pun harus mendapatkan jahitan yang cukup banyak pada matanya yang mengakibatkan  proses pemulihan matanya menjadi lama. Sementara dengan teknologi  fakoemulsifikasi, sayatan pada mata terjadi sangat kecil dan seringkali tidak memerlukan jahitan.

Pada umumnya penderita kebutaan akibat katarak akan berdampak pada mundurnya mobilitas dan produktifitas penderitanya. Mereka akan bergantung pada keluarga atau orang-orang terdekatnya dan ini bisa diatasi dengan kecanggihan teknologi.

Teknologi fakoemulsifikasi sendiri kini telah disempurnakan dengan apa yang disebut Cold Phacoemulsification; evolusi dari teknologi fakoemulsifikasi konvensional, dimana jarum gelombang ultrasonik tidak lagi menimbulkan panas yang dapat menyebabkan iritasi pada mata pasien dan sayatan juga sangat kecil sehingga pemulihan menjadi lebih cepat. Opeasi katarak yang lebih dikenal dengan jenis Phaco ini, kini sudah ada di beberapa rumah sakit di Indonesia.

Bila Anda sudah berusia lanjut dan mengalami gangguan penglihatan pada fase yang masih awal, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter mata terdekat, untuk dapat ditangani sejak dini, dan apabila telah memerlukan operasi, operasi katarak dapat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar