Running News

<<< The Big Picture *** 50 Fakta Menarik Soal Darah *** Daftar Kabupaten & Kota di Indonesia *** Teknik Cara Memotret Asap *** Putra Bungsu Ustadz Abu Bakar Baasyir Khotib & Sholat Idul Adha di Bima *** Antique Military "Foto" Motorcycles *** Archive Classic & Vintage Motorcycles *** Bocah Kaya Mendadak Karena Muntah Paus Mengkaji Ulang gambar-gambar yang dianggap Bukti Kebesaran Allah *** Geger Menteri ESDM berpaspor Ganda *** Heboh Seorang Pria Jual Kuntilanak Secara Online *** Amazing Lukisan Hyper Realistis *** Belajar Fotografi *** The Colorful Language of Chameleons *** Jelajahi FLICKR *** Volcanic "Amazing Photos" Activity 2015 *** Museum Ini Punya Al-Qur'an terkeci & terbesar di Indonesia *** Asuransi Kesehatan AXA *** Ini Video Pertama Kali Diambil Dalam Ka'bah *** 50 Fakta Bayi Baru Lahir *** Indahnya Goresan Tangan Tuhan di Danau Toba *** Merawat Batu Akik Agar Tetap Mengkilap *** Profil & Biografi Sultan Sulaiman Al Qanuni *** 10 Situs Ini Bisa Bikin Anda Lebih Pintar *** Terbukti Ganja Mengecilkan Tumor Otak *** 20 Hewan Dengan Warna Tak Lazim *** Keren Gans Motor-Motor Masa Depan Yang Unik *** Seni "Amazing" Menyusun Batu *** Indonesia Awesome Landscape *** 10 Batu Permata Termahal *** Beberapa Manfaat Bir Tanpa Meminumnya *** Kumpulan Kisah Nyata & Inspiratif *** 23 Pesepak Bola Kamerun Memeluk Islam Secara Bersamaan *** Motor & Mobil Jenazah Terunik di Dunia *** Mengenal Islam Lewat Bahtsul Masail *** Meski Telah dimakamkan Puluhan Tahun, Jenazah ini Tetap Utuh *** Kumpulan Mobil Keren Dunia *** 6 Penyakit Ini Bisa Diobati dengan Menggunakan Ganja *** Isap Ganja Bisa Turunkan Risiko Diabetes? *** Peneliti Australia Terkesan dengan Pesantren Waria *** Amazing, Lukisan Ini Bisa Bergerak *** Macro Photos, Kereznnn Gans *** Sinabung dalam Bidikan Lensa *** Setiap Hari Mualaf Bersyahadat di Islamic Center Wina *** Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag I *** Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag II *** 5 Hewan dengan Hidung Aneh *** Photos Binatang terjelek di Dunia *** Mempertahankan Masjid Sunan Kudus *** Animal "NatGeo" Images *** 130 Tahun, Foto Dahsyatnya Letusan Gunung Krakatau *** Beberapa Hal Tentang Islam yang Sering Salah dimengerti *** Dogma Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Akhirnya Memilih Islam *** Di 4 Daerah Ini Semua Anggota DPRD-nya Tersangka Korupsi *** >>>

Kamis, 05 Februari 2015

Inilah 10 Burung dengan Rentang Sayap terlebar di Dunia

Burung atau unggas adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang ( vertebrata ) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx.

Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves.

Kebanyakan burung harus makan makanan sekurang-kurangnya setengah dari berat badan mereka setiap hari ( Wikipedia )



1. Elang Emas (Aquila Chrysaetos) 

Rentang Sayap: 8,2 kaki (2,5 meter)

Elang emas berada di urutan buncit sebagai burung dengan rentang sayap terlebar di dunia. Elang emas juga adalah salah satu elang pemburu yang juga sangat terkenal di kalangan para pecinta burung alam liar. Habitat elang emas banyak ditemukan di bumi belahan bagian utara dan elang emas juga dijadikan sebagai lambang resmi pada bendera Meksiko.

2. Burung Bangau Abu-Abu Bermahkota 
(Balearica Regolorum) 
Rentang sayap: 8,25 kaki (2,51 meter)

Habitat burung bangau abu-abu bermahkota dapat ditemukan di area gurun Sahara benua Afrika. Burung ini mempunyai ritual kawin yang cukup unik yaitu dengan cara berdansa.

3. Burung Nasar California (Gymnogyps Californianus) 
Rentang sayap: 9,1 kaki (2,8 meter)

Selain masuk sebagai burung dengan rentang sayap terlebar di dunia, burung Nasar California juga merupakan burung terbesar bagian Amerika Utara. Burung ini jugadikategorikan hampir punah oleh para ilmuwan beberapa puluh tahun yang lalu. Namun sekarang burung Nasar mengalami pengingkatan karena ada program antara pemerintah dengan ilmuwan untuk melestarikan burung ini.

4. Burung Manyar Griffon (Gyps Fulvus) 
Rentang sayap: 9,2 kaki (2,85 meter)

Gambar di atas adalah gambar burung manyar raksasa yang berukuran 3 kaki dari ujung paruhnya sampai ujung ekornya. Burung manyar berburu mangsa diangkasa secara berkelompok maupun perorangan. Habitat burung ini dapat ditemukan Eropa Selatan, Afrika Utara dan sebagian kecil di Asia. Burung manyar bertelur di tebing-tebing tinggi yang curam (mereka gak takut tinggi gan!).


5. Burung Manyar Berjenggot (Gypaetus Barbatus) 
Rentang sayap: 9,8 kaki (3 meter)

Berjenggot? Serius gan, burung ini ada jenggotnya. Burung ini benar-benar gagah bila lagi terbang kan ada jenggotnya! Hhe. Gak kayak burung kebanyakan, burung manyar berjenggot ini gak mempunyai karakteristik gundul kayak burung kebanyakan. Habitatnya ada dipegunungan-pegunungan tinggi Afrika, Eropa, India, Pakistan dan Tibet. Mereka juga pemakan bangkai seperti burung manyar kebanyakan. Mereka pernah dilaporkan terbang 24 ribu kaki di udara! Gak tau benar atau gak tapi nih burung benar-benar awesome!


6. Angsa Peteriak (Cygnus Cygnus) 
Rentang sayap: 9,8 kaki (3 meter)

Selain sebagai burung dengan rentang sayap terlebar di dunia, angsa peteriak juga salah satu angsa terberat di dunia. Angsa peteriak biasa ditemukan di Eropa Utara dan Asia Timur. Mereka biasa terbang hanya untuk bertelur di daratan Eurasia.

7. Burung Kondor Andean (Vultur Gryphus) 
Rentang sayap: 11 kaki (3,4 meter)

Burung besar ini biasa berkeliaran di gunung Andean, Amerika Selatan. Burung ini cuma gak makan bangkai, dia juga sering ngeburu mamalia dari yang berukuran kecil hingga seukuran monyet. Mereka belum kawin sebelum usia mereka menginjak 8 tahun. Burung kondor ini bisa hidup hingga 60 tahun lamanya.

8. Bangau Marabou (Leptoptilos Crumeniferus) 
Rentang sayap: 11,2 kaki (3,43 meter)

Burung bangau ini juga pemakan bangkai. Burung ini hidup di area yang ada airnya serta juga sering ditemukan di area tandus gurun Sahara.

9. Burung Pelikan Putih Besar (Pelecanus Onocrotalus) 
Rentang sayap: 11,8 kaki (3,6 meter)

Ini bukan pelikan Amerika. Burung pelikan besar ini sering ditemukan di daerah Afrika Selatan, Timur Tengah dan Vietnam. Seperti pelikan pada umumnya, salah satu burung dengan rentang sayap terlebar di dunia ini makananya adalah makhluk-makhluk laut, terutama ikan. Mereka terkenal membuat koloni yang cukup besar. Yang paling fenomenal adalah mereka pernah terlihat berkumpul bersama sekitar 75 ribu di negara Tanzania.

10. Albatross Pengembara (Diomedea Exulans) 
Rentang sayap: 11,8 kaki (3,6 meter)

Inilah burung yang menempati urutan pertama sebagai burung dengan rentang sayap terlebar di dunia. Albatross Pengembara, mereka menghabiskan hidupnya di udara dan lautan. Mereka hanya ke daratan kalau musim kawin. Burung ini akan bertelur di daerah pulau-pulau Crozet, pulau selatan Georgia, pulau-pulau Kerguelen, pulau Macquarie serta pulau-pulau Prince Edward.

Pernah ada laporan bahwa bentang sayap mereka bisa mencapai 17 kaki dan ukuran tubuhnya mencapai 5 kaki! Dengan sayap selebar itu, burung Albatross bisa dengan mudah menyusuri lautan tanpa mengepakkan sayapnya. Sayangnya, burung raksasa ini populasinya telah menurun 30% selama 70 tahun belakangan.

Perburuan bukan satu-satunya ancaman yang menyebabkan populasi mereka menurun. Polusi laut juga merupakan ancaman mereka. Albatross dewasa yang memberi makan anak-anak mereka dengan sampah plastik akhirnya membuat keturunan-keturunan burung itu mati dalam usia muda.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar