Running News

<<< The Big Picture *** 50 Fakta Menarik Soal Darah *** Daftar Kabupaten & Kota di Indonesia *** Teknik Cara Memotret Asap *** Putra Bungsu Ustadz Abu Bakar Baasyir Khotib & Sholat Idul Adha di Bima *** Antique Military "Foto" Motorcycles *** Archive Classic & Vintage Motorcycles *** Bocah Kaya Mendadak Karena Muntah Paus Mengkaji Ulang gambar-gambar yang dianggap Bukti Kebesaran Allah *** Geger Menteri ESDM berpaspor Ganda *** Heboh Seorang Pria Jual Kuntilanak Secara Online *** Amazing Lukisan Hyper Realistis *** Belajar Fotografi *** The Colorful Language of Chameleons *** Jelajahi FLICKR *** Volcanic "Amazing Photos" Activity 2015 *** Museum Ini Punya Al-Qur'an terkeci & terbesar di Indonesia *** Asuransi Kesehatan AXA *** Ini Video Pertama Kali Diambil Dalam Ka'bah *** 50 Fakta Bayi Baru Lahir *** Indahnya Goresan Tangan Tuhan di Danau Toba *** Merawat Batu Akik Agar Tetap Mengkilap *** Profil & Biografi Sultan Sulaiman Al Qanuni *** 10 Situs Ini Bisa Bikin Anda Lebih Pintar *** Terbukti Ganja Mengecilkan Tumor Otak *** 20 Hewan Dengan Warna Tak Lazim *** Keren Gans Motor-Motor Masa Depan Yang Unik *** Seni "Amazing" Menyusun Batu *** Indonesia Awesome Landscape *** 10 Batu Permata Termahal *** Beberapa Manfaat Bir Tanpa Meminumnya *** Kumpulan Kisah Nyata & Inspiratif *** 23 Pesepak Bola Kamerun Memeluk Islam Secara Bersamaan *** Motor & Mobil Jenazah Terunik di Dunia *** Mengenal Islam Lewat Bahtsul Masail *** Meski Telah dimakamkan Puluhan Tahun, Jenazah ini Tetap Utuh *** Kumpulan Mobil Keren Dunia *** 6 Penyakit Ini Bisa Diobati dengan Menggunakan Ganja *** Isap Ganja Bisa Turunkan Risiko Diabetes? *** Peneliti Australia Terkesan dengan Pesantren Waria *** Amazing, Lukisan Ini Bisa Bergerak *** Macro Photos, Kereznnn Gans *** Sinabung dalam Bidikan Lensa *** Setiap Hari Mualaf Bersyahadat di Islamic Center Wina *** Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag I *** Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag II *** 5 Hewan dengan Hidung Aneh *** Photos Binatang terjelek di Dunia *** Mempertahankan Masjid Sunan Kudus *** Animal "NatGeo" Images *** 130 Tahun, Foto Dahsyatnya Letusan Gunung Krakatau *** Beberapa Hal Tentang Islam yang Sering Salah dimengerti *** Dogma Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Akhirnya Memilih Islam *** Di 4 Daerah Ini Semua Anggota DPRD-nya Tersangka Korupsi *** >>>

Senin, 16 Desember 2013

Murtado Macan Kemayoran (2)

MURTADO
Namanya kini menjadi ikon Kemayoran, Jakarta Pusat. Bahkan, sebuah organisasi kemasyarakatan di daerah itu menggunakan namanya, yakni Lembaga Macan Kemayoran (LMK). Letaknya di perempatan menuju Sunter dari arah Jalan Haji Ung, nama kakeknya mendiang Benyamin Sueb.

Putra Macan Kemayoran, Iwan Cepi Murtado, menjadi penasihat di LMK. Lembaga ini berupaya melestarikan budaya Kemayoran agar tidak hilang ditelan zaman. Murtado si Macan Kemayoran memang tersohor, namun tak banyak orang mengenal siapa dia sejatinya.

Murtado kian tersohor sehabis menaklukkan jawara paling ditakuti, Mandor Bacan dan Bek Lihun, meski begitu, dia tidak pernah menantang orang berkelahi. Ibarat pepatah Betawi: elu jual gue beli. Dia enggan memamerkan kelihaiannya bermain silat. Seni bela diri dari beberapa guru itu dia simpan untuk menjaga diri. Agama menjadi penyeimbang agar dia tetap pada jalan lurus memanfaatkan ilmunya.

"Murtado sebenarnya bukan jawara, dia bukan simbol jagoan. Ayah saya orang tekun agama," kata Iwan Cepi Murtado anak dari Siti, istri ke-15 Macan Kemayoran, saat ditemui merdeka.com Jumat pekan lalu di kediamannya, Kebon Kosong, Kemayoran, JakartaPusat.

Murtado diketahui memiliki 15 istri. Keturunannya ada banyak tapi jumlahnya simpang siur. Saat ini hanya Iwan Cepi Murtado tersisa. Catatan istri pertama hingga sebelas tak tertulis dan diingat jelas. Istri ke-12 bernama Mak Na asal Rawamangun, Jakarta Timur. Berikutnya Mak Sarah dari Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat. Lalu Mak Nok, orang Gagang Keran, Kemayoran.

"Ibu saya istri terakhir, dia ke-15," ujarnya. Dari Siti, Macan Kemayoran memiliki tiga putra: Muhammad Zakaria, Sidiq, dan Muhammad Ikhwani. Ikhwani dikenal dengan nama Iwan Cepi Murtado.

Sedangkan dari Mak Sarah, Macan Kemayoran mempunyai satu putri diberi nama Indun. Kabarnya Indun tinggal di Petamburan, Jakarta Pusat. "Hanya tinggal saya aja keturunannya. Kakak saya juga tidak diketahui keberadaannya, kabarnya ada di Petamburan," tutur Iwan Cepi Murtado.

Ada kisah unik dibalik banyaknya istri Murtado. Istri pertama diketahui berasal dari Kampung Pitung di Marunda. Ceritanya begini, gebetan Murtado merupakan anak dari seorang jawara di Marunda.

Murtado harus bisa mengalahkan putrinya jago silat untuk meminang. Dia menyanggupi syarat itu dan berkelahi dengan calon istrinya. Dia menang. Jawara Marunda itu akhirnya menyerahkan putrinya buat dinikahi Macan Kemayoran. "Bapak saya semua istrinya cantik, kalau sekarang disebut playboy. Dia itu haus nikah," kata Iwan Cepi Murtado.

Ada sebab kenapa tidak semua nama istri Macan Kemayoran tidak tercatat. Sebuah cacatan sepanjang 300 halaman hilang dari genggaman istri termudanya, Siti. Tidak jelas ke mana catatan itu hilang. Bahkan foto-foto Murtado berikut keluarganya juga raib. Hanya satu foto tertinggal dan kini terpasang di rumah Iwan Cepi Murtado.

Berita Terkait

1 komentar:

  1. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI


    BalasHapus