Running News

<<< The Big Picture *** 50 Fakta Menarik Soal Darah *** Daftar Kabupaten & Kota di Indonesia *** Teknik Cara Memotret Asap *** Putra Bungsu Ustadz Abu Bakar Baasyir Khotib & Sholat Idul Adha di Bima *** Antique Military "Foto" Motorcycles *** Archive Classic & Vintage Motorcycles *** Bocah Kaya Mendadak Karena Muntah Paus Mengkaji Ulang gambar-gambar yang dianggap Bukti Kebesaran Allah *** Geger Menteri ESDM berpaspor Ganda *** Heboh Seorang Pria Jual Kuntilanak Secara Online *** Amazing Lukisan Hyper Realistis *** Belajar Fotografi *** The Colorful Language of Chameleons *** Jelajahi FLICKR *** Volcanic "Amazing Photos" Activity 2015 *** Museum Ini Punya Al-Qur'an terkeci & terbesar di Indonesia *** Asuransi Kesehatan AXA *** Ini Video Pertama Kali Diambil Dalam Ka'bah *** 50 Fakta Bayi Baru Lahir *** Indahnya Goresan Tangan Tuhan di Danau Toba *** Merawat Batu Akik Agar Tetap Mengkilap *** Profil & Biografi Sultan Sulaiman Al Qanuni *** 10 Situs Ini Bisa Bikin Anda Lebih Pintar *** Terbukti Ganja Mengecilkan Tumor Otak *** 20 Hewan Dengan Warna Tak Lazim *** Keren Gans Motor-Motor Masa Depan Yang Unik *** Seni "Amazing" Menyusun Batu *** Indonesia Awesome Landscape *** 10 Batu Permata Termahal *** Beberapa Manfaat Bir Tanpa Meminumnya *** Kumpulan Kisah Nyata & Inspiratif *** 23 Pesepak Bola Kamerun Memeluk Islam Secara Bersamaan *** Motor & Mobil Jenazah Terunik di Dunia *** Mengenal Islam Lewat Bahtsul Masail *** Meski Telah dimakamkan Puluhan Tahun, Jenazah ini Tetap Utuh *** Kumpulan Mobil Keren Dunia *** 6 Penyakit Ini Bisa Diobati dengan Menggunakan Ganja *** Isap Ganja Bisa Turunkan Risiko Diabetes? *** Peneliti Australia Terkesan dengan Pesantren Waria *** Amazing, Lukisan Ini Bisa Bergerak *** Macro Photos, Kereznnn Gans *** Sinabung dalam Bidikan Lensa *** Setiap Hari Mualaf Bersyahadat di Islamic Center Wina *** Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag I *** Dahsyatnya [Full Pic ] Topan Haiyan Bag II *** 5 Hewan dengan Hidung Aneh *** Photos Binatang terjelek di Dunia *** Mempertahankan Masjid Sunan Kudus *** Animal "NatGeo" Images *** 130 Tahun, Foto Dahsyatnya Letusan Gunung Krakatau *** Beberapa Hal Tentang Islam yang Sering Salah dimengerti *** Dogma Trinitas Tak Masuk Akal, Kathryn Akhirnya Memilih Islam *** Di 4 Daerah Ini Semua Anggota DPRD-nya Tersangka Korupsi *** >>>

Rabu, 30 November 2016

Mari Memahami Albino

Albinisme adalah suatu kondisi di mana seorang individu nggak punya pigmen alami kulit. Akibatnya orang-orang dengan albinisme atau biasa disebut albino akan memiliki warna kulit dan rambut yang sangat pucat. Bahkan pada mata.

Simak yuk fakta-fakta albino:

1. Albino bisa terjadi pada orang-orang dari semua latar belakang dan etnis dengan perbandingan 1:17.000.

2. Masalah yang paling umum dari albino adalah penglihatan. Kurangnya pigmentasi di mata menciptakan sensitivitas tinggi terhadap cahaya dan perkembangan retina yang abnormal.

3. Seseorang dengan albinisme mendapa sengatan matahari dua kali lebih besar. Itulah mengapa mereka memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit. Makanya mereka harus menggunakan tabir surya, kacamata, jaket dan topi.

4. Orang albino mensintesis vitamin D lima kali lebih cepat dari orang berkulit gelap. Kurangnya pigmentasi pada kulit membuat cahaya [sinar ultraviolet-B] yang mengandung vitamin D masuk lebih mudah.

5. Bukan cuma manusia, ada beberapa hewan yang terkenal albino: gorilla bernama Snowflake, paus bungkuk Australia bernama Migaloo, penguin di kebun binatang Bristol [Inggris] bernama Snowdrop, dan lumba-lumba di Louisiana [AS] yang berwarna pink.

6. Salah satu tipe yang paling parah dari albino adalah sindrom Hermansky-Pudlak. Orang dengan variasi ini rentan terhadap perdarahan, memar, dan penyakit paru-paru.

7. Tahu nggak? Ada beberapa orang terkenal pengidap albino yang sangat menginspirasi dan mengesankan banyak orang: Connie Chiu [model fesyen], Winston “King Yellowman” Foster [musisi reggae], Victor Varnado [komedian dan aktor], Kaisar Seinei [kaisar Jepang], Johnny and Edgar Winter [musisi], Salif Keita [musisi], and Willie “Piano Red” Perryman [pianis].

8. Ketika ada orang pengidap albinisme dengan kondisi kulit yang cuma beberapa bagian saja kehilangan pigmen, disebut vitiligo. Inilah orang terkenal yang memiliki vitiligo: Mendiang Michael Jackson dan kontestan Amerika Next Top Model, Winnie Harlow.

9. Ada juga gangguan pigmentasi lainnya selain vitiligo, yaitu erythrism [kelebihan pigmentasi merah] dan xanthochromism [pigmentasi kuning].

10. Salah, kalau ada yang berpikir bahwa pengidap albino akan memiliki jangka hidup yang pendek. Sebaliknya, mereka cenderung hidup lebih lama.

11. Sayangnya, masalah utama yang mungkin albino hadapi adalah menjadi mangsa diskriminasi dan ejekan. Dan hal itu kebanyakan terjadi di negara berkembang dan beberapa negara di Afrika.

12. Para ilmuwan bisa menguji apakah orang tua memiliki gen albino atau tidak dengan menguji produksi melanin pada folikel rambut.

13. Pada dasarnya, albinisme adalah faktor genetik dan nggak menular. Begitu juga dengan kita yang memiliki rambut cokelat, hitam, atau pirang. Jadi mengapa harus membeda-bedakan seseorang dengan albinisme? 

[teks @saesherra/myinterestingfacts.com, healthresearchfunding.org | foto boredpanda.com] 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar